Rabu, 13 Januari 2010

Seorang Bayi Lahir Dengan Usus Terurai

Semarang – Seorang bayi laki-laki di Demak, lahir dengan kondisi mengenaskan (13/1). Bayi yang dilahirkan oleh Sumiyati (20) ini mengalami kelainan konginetal atau cacat bawaan yakni usus terurai di luar tubuh.
Setelah lahir melalui persalinan secara normal pada pukul 08.00 WIB di Puskesmas Wonosalam, Bidan yang membantu persalinannya langsung panik karena melihat adanya usus bayi yang terurai di luar tubuhnya. Bayi yang memiliki berat hanya 2 kg 3 ons tersebut, memiliki panjang diameter usus yang diperkirakan sekitar 8 hingga 10 cm. Pihak Puskesmas pun segera membawa bayi Sumiyati ini keRSUD Sunan Kalijaga Demak. Namun dari RSUD Demak, bayi kembali dirujuk ke RSU Kariadi Semarang untuk mendapatkan penanganan lebih intensif. Sementara Sumiyati sendiri masih tergolek lemas di tempat persalinan Puskesmas Wonosalam, Demak.
Menurut keterangan beberapa tetangga, mulai sekitar bulan ke-6 usia kandungannya, Sumiyati sering mengalami kesakitan pada daerah pinggang dan sekitar kemaluannya. Namun karena keterbatasan biaya, wanita yang tergolong pasien tidak mampu ini hanya diam saja dan memeriksakannya pada Bidan setempat. Pada saat bayi dilarikan ke RSU Kariadi, hanya ditemani oleh nenek si bayi beserta beberapa tetangganya dan pihak Puskesmas saja. Sedangkan Sutrisno, ayah dari bayi malang tersebut tidak hadir maupun mendampingi proses persalinan di Demak.
Nenek bayi berharap agar mendapat bantuan dari para dermawan untuk biaya pengobatan cucunya hingga tuntas. Kasubag Humas RSU Kariadi Semarang, Widariyanto mengatakan bahwa pihak Kariadi menerima jamkesmas dari pasien miskin dan tidak mendiskriminasikan mereka, termasuk kasus bayi Sumiyati tersebut. Hingga kini, tim dokter masih memeriksa kondisi bayi dan belum dapat memberikan keterangan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar