Rabu, 27 Januari 2010

ROBOT INSPEKSI MAHASISWA TEKNIK MESIN UNIVERSITAS DIPONEGORO

SEMARANG - Era automasi, kemajuan teknologi begitu pesat terutama dalam bidang robotika. Hal ini disebabkan karena peran robot yang dapat menggantikan peran manusia, sehingga dengan menggunakan robot tersebut didaerah-daerah yang susah dijangkau ataupun berbahaya bagi manusia dapat digantikan oleh robot. Penggunaan robot sebagai alat bantu manusia untuk menjalankan sebuah tugas. Kemampuan robot secara spesifik dapat melebihi kemampuan manusia sebagai pembuatnya. Ketelitian, keakuratan, juga kekuatan adalah beberapa alasan manusia untuk memilih robot sebagai alat bantu. Selain itu, apabila ditinjau dari segi finansial maupun alasan keselamatan manusia, kedua faktor ini menunjukan bahwa robot sangat penting untuk dikembangkan dalam berbagai bidang.
Penemuan desain robot mobile oleh mahasiswa Teknik Mesin, UNDIP Semarang menambah ragam bidang robotika. Selanjutnya, pembuatan robot mobile yang akan dilakukan di Laboratorium Kontrol dan Getaran Teknik Mesin UNDIP, adalah bentuk robot yang berjalan diatas rel yang merupakan bagian dari sebuah Inspection robot (robot inspeksi). Robot inspeksi akan dilengkapi dengan microcontroller sebagai pengendali, webcam yang dihubungkan ke pc, software remote desktop sebagai program interface antar-pc, dan software matlab simulink 2008b. Robot ini nantinya diharapkan dapat melakukan inspeksi pada lintasan rel kereta api secara otomatis sehingga dapat mendeteksi kesalahan-kesalahan ataupun kondisi-kondisi yang ada pada lintasan rel, karena saat ini inspeksi pada lintasan rel masih dilakukan secara konvensional.
Prinsip kerja dari robot inspeksi rel kereta api ini akan dikendalikan dari jarak jauh dengan remote kontrol, setelah robot berjalan, webcam yang terpasang akan memberikan informasi dari gambar yang tertangkap melalui laptop yeng terdapat pada robot. Gambar yang tertangkap oleh webcam akan dikirim lewat jaringan internet dengan menggunakan wireless.
(SDM-08)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar